Photo credit: https://myeatandtravelstory.wordpress.com
Sudah sering melakukan promosi kenapa masih sepi juga ya? Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas di benak Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis kue tradisional. Berbagai upaya telah Anda lakukan untuk menarik banyak pembeli, namun mengapa tak kunjung berhasil?
Jangan khawatir dulu, usaha sepi bukanlah halangan untuk terus melakukan inovasi. Inilah kesempatan bagus untuk memperbaikinya. Beberapa hal ini bisa Anda lakukan agar jualan kue semakin laris manis di pasaran. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.
- Kemasan Produk Yang Menarik
Supaya lebih menarik lagi, Anda harus mengubah packaging atau kemasan yang mungkin terkesan jadul di kalangan target konsumen Anda. Pastikan sesuai dengan kebutuhan mereka dari segi usia dan perhatikan gaya hidup mereka. Biasanya para pembeli akan jatuh hati pertama kali dengan kemasan produk yang unik. - Buat Inovasi Menu
Bisa jadi menu kue yang Anda sajikan cukup monoton dan kurang kekinian jika dibandingkan dengan kompetitor. Coba buat variasi kue tradisional dengan sentuhan kekinian yang sedang tren di masyarakat untuk menarik minat pembeli. Atau kombinasikan resep kue Anda dengan makanan yang lagi viral. Misalnya assorted klepon, blue velvet pancong, Mochi Goreng Rogout Ayam Creamy, dan sebagainya. - Tulis Caption Menarik
Buatlah kalimat yang sifatnya persuasif atau berupa ajakan supaya calon pembeli melakukan sesuatu. Tambahkan kata-kata seperti: Dapatkan segera, EXTRA DISKON, Tinggal 1 Hari Lagi, Edisi Terbatas, dan kata-kata lainnya yang sejenis. Tentunya mereka akan menilai bahwa produk yang dipromosikan tersebut harus segera dibeli sebelum nantinya kehabisan. Kata yang persuasif termasuk bagian paling penting dalam sebuah caption.
Jangan lupa tambahkan kalimat yang menggambarkan bahwa saking uniknya produk tersebut, maka hanya dijual satu-satunya di toko Anda dan harus segera dibeli sebelum kehabisan. Sebagai tips, gunakan kata-kata seperti: BARU! produk kekinian, Fresh From The Oven, New Product, Limited Edition, Special Offer, Edisi Spesial, dan sebagainya. - Promo Diskon Di Social Media
Sudah promosi di semua media sosial tapi kenapa masih sepi? Coba buat promo diskon yang menarik berupa potongan harga untuk setiap transaksi tertentu. Jika berhasil, pelanggan Anda akan menawarkan promonya ke semua teman-temannya. Bayangkan, berapa jumlah keuntungan yang didapatkan melalui banyak pelanggan baru.
Tidak sulit, bukan? Coba lakukan langkah-langkah yang telah disebutkan di atas. Dijamin setelah itu bisnis kue Anda kembali ramai. Satu lagi yang perlu diingat adalah terus berusaha dan pantang menyerah. Kegagalan di awal bisa dijadikan pelajaran untuk tetap memperbaikinya supaya lebih baik di masa mendatang, sehingga Anda tidak lagi melakukan kegagalan yang sama. Semoga berhasil ya, tetap semangat.